Powered By Blogger

Rabu, 05 Januari 2011

ORANG PAPUA DAN PERANG

ORANG PAPUA DAN PERANG

Dalam perang antar suku atau klen, orang papua mempunyai rambu-rambu, norma-norma dan ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi kedua belah pihak yang sedang berperang. Ada beberapa larangan yang tidak boleh dilanggar walaupun itu dalam situasi perang.
Misalnya, dilarang membunuh orang tanpa alas an, dilarang membunuh orang tua, dilarang membunuh perempuan, dilarang membunuh anak anak kecil, di latrang membunuh orang orang lumpuh dan cacat, di larang membunuh pimpinan di pihak musuh, dilarang mengambil barang di medan perang, dan dilarang melakukan hubungan seks di medan perang.

MENGAPA ORANG PAPUA MEMBUNUH?

Orang papua dalam nilai hidupnya tidak boleh membunuh orang secara sembarang. Membunuh orang harus mempunyai alasan yang jelas dan dasar yang jelas pula. Alasan membunuh orang bukan karena pencurian babi, bukan karena perampasan tanah, bukan juga karena perempuan. Walaupun itu sering terja tetapi itu bukan pembunuhan yang direncanakan.
Pembunuhan yang dilakukan oleh orang papua adalah karena ada pembunuhan yang perna terjadi dan dilakukan pembalasan untuk menggantikannya pembunuhan seperti itu dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Artinya, bias 20 – 50 tahun. Bahkan, tidak jarang orang tua menitipkan rencana itu kepada anak anaknya.
Waktu yang lama itu dimaksudkan agar si pembunuh lupa akan perbuatannya. Sementara pihak korban harus menyimpan rencana pembalasan itu dengan rapid an matang. Pihak korban, tidak pernah menunjukkan sikap permusuhan atau gerakan gerakan yang mencurigakan. Pihak korban selalu mengajak pihak pembunuh untuk makan bersama, berjalan bersama, dan juga hidup secara wajar. Pihak korban telah menciptakan iklim persahabatan yang tidak mencurigakan dan pada kesempatan itu di rencanakan untuk melakukan pembalasan pembunuhan. Caranya ialah, pihak pihak korban mempersiapkan alat alat perang yang terbatas tapi berkualitas dan mengajak pihak pembunuh untuk pergi untuk memasak bersama-sama ditempat yang telah ditentuhkan oleh pihak korban. Pihak pembunuh tidak mencurigai dan mengikuti ajakan pihak korban. Sampai di tempat yang ditentukan itu mereka makan bersama sama.

KELUARGA KORBAN TANYAKAN
NAMA ORANG YANG PERNA DIBUNUH

Pada saat mereka makan bersama sama, di luar dugaan, dari pihak korban bertanya kepada pihak pelaku pembunuhan itu tentang nama orang yang perna di bunuh. Mereka Tanya seperti ini: “ saudara A, dimana saudara sembunyikan saudara kami yang bernama B itu?”
Pada saat pertanyaan ini disampaikan, saudara A ini sadar bahwa dia akan di bunuh untuk menggantikan kepalanya saudara B. ini adalah cara orang papua balas dendam. Orang papua tidak perna membunuh orang tanpa alas an yang jelas. Orang papua membunuh musuh tapi menggunakan etika sopan santun.

MEMBUNUH ORANG DI BAGIAN TERTENTU

Orang papua mempunyai etika sangat tinggi dalam membunuh orang. Orang papua tidak perna membunuh orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar